Minggu, 06 Juni 2010

Pemisahan Warna Citra dengan metode Kanal RGB

Suatu citra berwarna itu memiliki Matriks 3 dimensi seperti yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya. Kita dapat memisahkan ketiga warna tersebut yaitu Red, Green, & Blue dengan suatu metode, yaitu Metode Kanal RGB dan saya akan memberitahu cara tersebut dengan bahasa pemrograman Matlab. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini:


Scriptnya :
I = imread('RGB.png');
IR = I(:,:,1);
IG = I(:,:,2);
IB = I(:,:,3);
subplot(2,2,1),imshow(I),title('Gambar Asli');
subplot(2,2,2),imshow(IR),title('Kanal Merah');
subplot(2,2,3),imshow(IG),title('Kanal Hijau');
subplot(2,2,4),imshow(IB),title('Kanal Biru ');

Dapat anda lihat citra asli yang tadinya berwarna, kemudian kanal Red, Green, & Blue nya dipisah sehingga menghasilkan citra baru yang berintensitas/memiliki gray level.
Coba anda lihat gambar berlabel 'Kanal Merah', disitu tampak warna putih mendominasi pada bagian kanan citra, itu karena intensitas dari Matriks bagian Kanal Merah sangat tinggi pada citra asli, sedangkan pada Citra berlabel 'Kanal Hijau' & 'Kanal Biru' tampak hitam mendominasi pada bagian kanan citra karena intensitas dari Kanal Hijau & Biru sangat rendah pada Citra Asal. Begitu pula pada citra berlabel 'Kanal Hijau' warna putih mendominasi pada bagian tengah citra dan citra berlabel 'Kanal Biru' warna putih mendominasi pada bagian kiri citra. Bagaimana??? Anda pasti mudah mengerti. Terima kasih.

5 komentar:

  1. halo,,,
    mw nanya donk,,,
    gimana ya caranya supaya yg warna hijau tua (hijau pohon) jadi putih dan warna lainnya jadi hitam???
    thx

    BalasHapus
  2. @pingkan_pedrosa : maksudnya bgmn ya?
    kalau warna hijau jadi putih dan yang lainnya jadi hitam smua kan sudah ada caranya di atas

    BalasHapus

Diharapkan menggunakan bahasa yang baik dan benar dan juga harus mencantumkan nama anda, komentar yang tidak ada nama(Anonymous) tidak akan di balas. Thanks.