Jumat, 21 Mei 2010

Image Processing dengan Matlab

Mengapa harus dengan Matlab??? Mengapa tidak dengan bahasa pemrograman lain???
Itulah yang saya pertanyakan pada Dosen saya sebelum saya mengetahui keunggulan-keunggulan Matlab dengan bahasa pemrograman lainnya.

Matlab memiliki toolbox untuk Image Processing yang lengkap sehingga dapat memudahkan kita dalam menggunakannya.
Beberapa tipe file citra yang dapat di proses oleh Matlab yaitu:
-BMP(Microsoft Windows Bitmap)
-JPEG(Joint Potographic Expert Group)
-PNG(Portable Network Graphic)
-TIF(Tagged Image File Format)



Dan sekarang saya langsung saja membahas command-command yang ada di Matlab untuk mengolah citra.
Pertama-tama cara untuk membaca gambar dan menampilkannya yaitu ihat script di bawah ini :
i = imread('D:\Dataku\Praktikum Pengolahan Citra Digital\MODUL REVISI\USED IMAGES\cameraman.tif');
imshow(i)

maka yang akan keluar dari hasil proses tersebut adalah:

Saya akan menjelaskan sedikit tentang script untuk memanggil gambar tersebut, i adalah variabel yang kita buat untuk membaca citra, imread merupakan script untuk membaca citra dan yang terakhir imshow adalah script untuk menampilkan citra. D:\Dataku\Praktikum Pengolahan Citra Digital\MODUL REVISI\USED IMAGES\cameraman.tif merupakan direktori tempat citra yang akan di panggil, jika citra sudah berada pada satu direktori dengan file .m, maka tidak perlu menuliskan pathnya.
Sebenarnya ada banyak cara untuk menampilkan citra seperti dengan menggunakan imagesc dan imview.
1. Imagesc :
Keunggulannya ialah kita dapat melihat skala dari ukuran piksel citra

2. Imview
Keunggulannya adalah kita dapat mengetahui koordinat pixel citra dan nilai graylevel dari gambar RGB

Mungkin cukup itu dulu pembahasan dari saya, sampai ketemu di postingan berikutnya, hehehe.....

2 komentar:

Diharapkan menggunakan bahasa yang baik dan benar dan juga harus mencantumkan nama anda, komentar yang tidak ada nama(Anonymous) tidak akan di balas. Thanks.